cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021)" : 10 Documents clear
Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa Edi Susanto; Rusdi Rusdi; Agus Susanta
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.13601

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pada matakuliah statistik dasar. Peningkatan difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020/2021 yang mengikuti matakuliah statistik dasar. Kelas yang dipilih sebagai subjek adalah kelas IA dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes komunikasi matematis berbentuk uraian. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis budaya masyarakat Bengkulu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada perkuliahan statistik dasar. Peningkatan ditunjukkan bahwa pada tes awal rata-rata kemampuan siswa sebesar 47,25 dan meningkat menjadi 60,25 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 27,51%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa mencapai 74,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,22%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Etnomathematika Yetti Widiarti
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.14281

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menerapkan pendekatan PMR berbasis ethnomatematika. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.G SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis dengan melihat nilai rata – rata dan ketuntasan belajar klasikal. Rata–rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik siklus I adalah 67, siklus II adalah 73 dan siklus III adalah 79. Ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I adalah 50%, siklus II 67% dan pada siklus III sebesar 79%.
Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal Aini Fitriyah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.14691

Abstract

Penelitian ini mengkaji etnomatematika pada tradisi weh-wehan yang ada di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Weh-wehan merupakan salah satu tradisi keagamaan di Kaliwungu Kendal yang dilakukan dengan cara saling menukar makanan antar tetangga dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Data diperoleh dari sumber dokumentasi dan wawancara beberapa tokoh masyarakat. Selanjutnya penelitian disajikan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Merujuk aktivitas fundamental matematis menurut Bishop, diperoleh  bahwa tradisi weh-wehan memuat lima dari enam aktivitas fundamental matematis yang ada, yaitu counting, locating, designing, playing dan explaining.
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Lois Oinike Tambunan
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.12156

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis mahasiswa melalui pembelajaran matematika dengan strategi kooperatif tipe STAD. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD, penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretes-postes. Pembelajaran dengan kooperatif tipe STAD diberlakukan pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional diberlakukan pada kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara acak, dengan menggunakan instrumen yaitu tes berupa soal-soal pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran kooperatif Tipe STAD lebih tinggi secara daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Evaluasi Formatif Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Butir Soal Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu Zamzaili Zamzaili; Baki Swita
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.14428

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar sumbangan efektif evaluasi formatif berbantuan komputer terhadap kemampuan analisis butir soal mahasiswa dan membandingkan rata-rata kemampuan analisis butir soal mahasiswa yang diajar dengan evaluasi formatif berbantuan komputer dengan rata-rata kelas diajar tanpa bantuan komputer. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 32 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan analisis butir soal dengan indikator indek kesukaran, daya beda, validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian: (1) terdapat sumbangan yang efektif evaluasi formatif berbantuan komputer terhadap kemampuan analisis butir sebesar 52,47%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan statistik terhadap kemampuan analisis butir soal; dan (3) rata rata kemampuan analisis butir mahasiswa yang mengikuti evaluasi formatif berbantuan komputer (65,63) lebih tinggi dari rata-rata yang diajar tanpa bantuan komputer (59,13).
Building Student Abilities: Making Reports And Demonstrations Through Project-Based Learning Hanifah Hanifah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.14333

Abstract

The Project-Based Learning (PjBL) Model was used to carry out Primary Level Mathematics Capita Selecta Learning. PjBL was used in seven steps: 1) Discussing the syllabus, materials, groups, math problem, math props, and report form; 2) Collecting data, write reports, and create math props; 3) Presentation; 4) Revising the report in light of the discussion's findings; 5) Reports are being uploaded in revised form; 6) Each group assesses the report of the other group; 7) Implementing Posttest. The purpose of this study was to determine students' creativity and teaching ability in PjBL in the Subject Primary Level Capita Selecta Learning in 2019/2020. The subjects were class B of the fourth semester of Mathematics Education FKIP UNIB2019/2020, with a total of 28 students. This research was conducted ex-post facto, which means that it examined events that had already occurred and then traced back to determine the factors that caused these events. The instrument used to collect information about student creativity was developed as a result of group evaluations of previous group reports. Post-test results are used to calculate the value of learning ability. The results were obtained after the data was processed: The average report score for each group was 83.88, the post-test average score was 85.85, and both were categorized as very good.
Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP Medita Wahyu Sintiya; Erni Puji Astuti; Riawan Yudi Purwoko
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.12556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika yang mengintegrasi motif Batik Adi Purwo untuk siswa SMP dan mengetahui kelayakannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Uji coba penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMP kelas IX. Instrumen yang digunakan meliputi lembar panduan wawancara, lembar validasi, lembar angket respon, dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul matematika yang mengintegrasi motif Batik Adi Purwo berdasarkan penilaian ahli mendapatkan skor rata-rata total penilaian sebesar 3,8 memenuhi kriteria valid. Berdasarkan respon siswa dan guru diperoleh skor rata-rata 3,5 dengan persentase sebesar 87% dalam kategori sangat positif, sehingga e-modul dikatakan praktis. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 83% sehingga e-modul dikatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika yang mengintegrasi motif Batik Adi Purwo untuk siswa SMP layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan Iqbal Dzikril Hakim; Ramlah Ramlah; Alpha Galih Adirakasiwi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.14517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa (tahapan kastolan) dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep yang dialami oleh siswa SMP kelas 8. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan ketegori tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan tapahan kastolan yang dilakukan siswa. Pada kesalahan konseptual mayoritas siswa mengalami kesalahan dalam memahami konsep dari maksud soal. Pada kesalahan prosedural mayoritas siswa menjawab soal dengan tidak sesuai langkah-langkahnya dalam menyelesaikan soal. Pada kesalahan teknik operasional seringkali siswa mengalami kesalahan dalam menghitung nilai dari suatu penyelesaian soal. Faktor penyebab kesalahan tersebut yaitu siswa tidak memahami maksud dari soal, siswa tidak sesuai langkah-langkahnya dalam menyelesaikan soal, siswa kurang teliti dalam menjawab soal dan siswa tidak mengecek kembali hasil pekerjaannya dikarenakan siswa terburu-buru dengan waktu yang diberikan.
Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa Elgie Firdyan Eka Zhoga; Feni Rita Fiantika; Jatmiko Jatmiko
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.11996

Abstract

Representasi matematik merupakan syarat yang harus dimiliki oleh siswa, karena representasi matematik sangat diperlukan dalam pemahaman konsep maupun penyelesaian masalah matematika. Pembelajaran disekolah guru bisa menggunakan salah satu model pembelajaran discovery learning untuk mengetahui kompetensi representasi matematik yang dimiliki siswanya dan juga agar para siswa mampu aktif dan kreatif. Dalam pembelajaran discovery learning bisa saja mengkolaborasikan dengan kebudayaan yang ada dilingkungan sekitar melalui media yaitu gamelan. Subyek pada penelitian ini yaitu 3 siswa dengan masing-masing kemampuan representasi matematik tinggi, sedang maupun rendah yang diambil dari 4 sekolah dasar yang berbeda dari hasil tes tulis mereka, serta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana mendeskripsikan peristiwa serta peneliti berperan aktif untuk mendapatkan data yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan masing-masing kemampuan representasi matematik siswa dengan kemampuan tinggi, sedang maupun rendah. Hasil yang diperoleh bahwasannya siswa yang berkemampuan representasi matematik tinggi mampu untuk memenuhi disetiap indikator representasi matematik yang sudah diberikan melalui permasalahan. Untuk siswa yang berkemampuan representasi matematik sedang masih ada sedikit indikator yang belum mampu untuk melengkapi yang ada dipermasalahan. Sedangkan pada siswa yang berkemampuan representasi matematik rendah masih banyak indikator yang belum mampu dilengkapi disetiap indikatornya.
Penguasaan Guru dan Calon Guru Matematika Terhadap Konsep Persamaan Kuadrat Saleh Haji; Yumiati Yumiati
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i1.14678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan Guru dan Calon Guru Matematika terhadap konsep ‘Persamaan Kuadrat’. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 37 orang guru dan calon guru matematika dari mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu yang mengikuti perkuliahan Matematika Sekolah, Pembelajaran Matematika, dan Seminar pada Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan Guru dan Calon Guru Matematika terhadap konsep ‘Persamaan Kuadrat’dalam kategori cukup baik dengan skor 66,1.

Page 1 of 1 | Total Record : 10